Berbisnis Menjadi Suplier / Agen Big Cola

Saya ingin berbagi sedikit mengenai pengalaman saya menjadi agen atau suplier produk Big Cola. Awal mulanya saya melihat di koran kompas sekitar bulan Januari 2011 mengenai peluang bisnis memasarkan produk big cola. Dari situ saya memberanikan diri untuk menelepon mengenai bagaimana caranya untuk memasarkan produk big cola sebagai agen / suplier. Sangat mudah memang, kita tinggal memesan sejumlah tertentu yang dipersyaratkan dan pembayaran cash. Kemudian Big cola tersebut saya pasarkan ke daerah di sekitar saya.

Saya pun membuat web site untuk membantu mempromosikan produk big cola yang saya pasarkan. Web site tersebut dapat di akses di http://bigcola.plugie.com. Saat ini web site tersebut tidak aktif dan hanya memunculkan info bahwa saya sebagai agen big cola tidak menerima pesanan atau pertanyaan informasi dikarenakan barang kosong. Ya, memang saat ini saya tidak memasarkan kembali. Sayang memang, usaha yang hanya kurang lebih 6 bulan saya jalankan tersebut layu sebelum berkembang.

Alasan utama saya menutup usaha tersebut karena produsen big cola tidak mampu memenuhi permintaan Big Cola yang saya butuhkan. Setiap saat saya pesan barang selalu kosong. Walaupun ada, big cola di antar tidak sesuai pesanan. Entah mengapa hal ini terjadi. Pelanggan saya banyak yang menanyakan untuk membeli big cola dari saya. Karena saya tidak mampu menyediakan kebutuhan mereka, akhirnya mereka membeli dari agen lain. Aneh sih kalau dipikir, kenapa di agen lain ada akan tetapi di saya tidak ada.

Walaupun usaha saya hanya berjalan kurang lebih enam bulan, saya mendapatkan cukup pengalaman tentang bagaimana caranya menjadi suplier atau agen, di antaranya:

1. Beri kesempatan kepada warung atau toko untuk membayar secara tempo. Dengan cara ini mereka lebih berani untuk mengambil barang kita, karena tidak butuh modal. Di saat barang habis baru mereka bayar dan memesan lagi. Cara pembayaran tempo berbeda dengan konsinyasi. Jika konsinyasi barang tidak laku dikembalikan akan tetapi kalau tempo tidak bisa dikembalikan. mereka tetap harus membayar apa yang mereka beli akan tetapi pembayaran boleh 2 minggu atau satu bulan kemudian

2. Usahakan untuk selalu menjaga ketersedian stok. Variasi barang harus lengkap

Hal ini lah yang tidak mampu saya lakukan karenakan stok saya benar-benar tergantung dari pasokan pabrik yang tidak bisa saya percaya lagi pengirimannya

3. Beranikan diri untuk memulai

Saya tidak memiliki pengalaman sama sekali. Usaha ini saya lakukan hanya sambilan dari pekerjaan utama saya sebagai pegawai kantoran.

4. Teori memang banyak tapi pengalaman yang didapat dari melakukan lebih berharga

Be Sociable, Share!

8 Replies to “Berbisnis Menjadi Suplier / Agen Big Cola”

  1. Saya punya 3 etalase kosong di countr hp saya yang dulunya toko kelontong di pinggir jalan besar menuju mesjid agung dan didepan persis Primagama.jika anda punya barang mau di titip untuk dijual.anda dak perlu bayar sewa(karna nenek saya tidak setuju kalau tempatnya disewa orang/orang lain jualan di toko…capek deh),listrik,pegawai karna saya bantu jual.anda bisa datang tiap hari atau tiap minggu untuk cek barang dan menagih barang yang laku.

    hub :iskandar
    hp:087854811xxx
    jl.gayung sari 1 no.81 surabaya

  2. pantesan dpasar pandeglang jga udh gak da lgi agen yg jual,alesanny bgtu gk da kriman brang,pdhal dwarung sya laku tu mas

  3. Boleh juga tuh pengalaman usahanya, bagi-bagi lagi dong pengalaman usahanya yang lainnya. Mksh

  4. ya gitu deh,kalau bisnis sama perusaan gede.pas barang blm laku minta tolong di pasarin, tp klau udah laku kita di cuekin yg di kasih paling yg modal gede heeeeeee

  5. saya ingin menawarkan produk cola yg baru dgn nama ted’s cola harga lebih murah dan menguntungkan bagi anda,klo berminat silakan hubungi
    sdr putut/083871070232

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *