Waste Ink Full Canon IP1000

Saya memiliki printer canon IP1000 dan mengalami masalah dengan pesan Waste Ink Full pada printer canon IP1000 saya.

Saya menemukan tips yang sangat bermanfaat dan membantu saya untuk menyelesaikan masalah waste ink full pada canon IP1000 di halaman website: http://nursetyanto.wordpress.com/2006/06/23/masalah-waste-ink-full-di-printer-canon-pixma-ip1000/

Berikut saya copy paste kan isi halaman web site tersebut untuk keperluan pribadi saya dan tanpa ijin dari pemilik blog ya. (kalau keberatan boleh hubungi saya untuk menghapus isi blog tersebut dari tempat saya)

Masalah “Waste Ink Full” di printer CANON Pixma IP1000
Dulu saya sempat bangga dengan printer CANON Pixma IP1000 milik saya ini. Tapi sekarang saya merasa direpotkan dengannya. Beginilah upaya kaum kapitalis dalam mendapatkan keuntungannya. Mereka tidak cukup bahagia dengan membiarkan konsumennya tersenyum bangga karena telah mendapatkan sebuah printer kualitas cetak foto dengan harga yang merakyat. CANON ingin konsumennya tetap “nyandu” dengan perusahaannya. Meskipun telah menggunakan alat hasil produksinya dengan baik dan terawat, tetap saja konsumen diharuskan mendatangi service center canon dikarenakan masalah “Waste Ink Full” ini. Hal ini membuat saya semakin WASPADA dalam membeli produk keluaran CANON nantinya.

Usut punya usut, ternyata masalah ini disebabkan karena jumlah pencetakannya akan selalu diakumulasikan hingga batas tertentu. Dan bila sudah mencapai batas yang ditetapkan, maka akan Overload dengan ditandai lampu LED menyala secara bergantian atau disebut dengan BLINKING.

Jika hal ini terjadi, maka Mau tidak mau printer harus dibawa ke service center Canon. Hal ini tidak masalah jika rumah kita Dekat atau satu kota. Lalu bagaimana jika Rumah Kita Di Luar Kota atau bahkan di Luar Pulau?

Berikut adalah beberapa cara untuk mangatasi masalah ini. Solusi ini saya dapatkan secara gratis melalui “http://www.fixyourownprinter.com/forums/inkjet/30101” yang di post oleh:
Nugz MiniLab Ltd…
Production and Post-Production MiniLab
+62-22-91117791
+62-856-2132215
Silakan pergunakan dengan sebaik-baiknya.

Cara me-reset masalah “Waste Ink Full” pada CANON Pixma iP1000
================================================
Langkah 1: Servis cara Manual (cara 1)
1. Lepas kabel POWER dan USB.
2. Buka pintu printer dan TEKAN+TAHAN tombol POWER
3. Pasang lagi kabel POWER
4. Tutup pintu printer, lepas tombol POWER.
5. Nyalakan printer seperti biasa & seharusnya sudah tidak blinking lagi

Langkah 1: Servis cara Manual (cara 2)
1. Lepas kabel POWER dan USB.
2. TEKAN+TAHAN tombol POWER
3. Pasang lagi kabel POWER
4. Lepas tombol POWER.
5. Nyalain printer seperti biasa & seharusnya sudah tidak blinking lagi

Langkah 2 : Perangkat Lunak permanen (cara 1)
1. Hubungkan kabel USB & nyalakan Printer
2. Buka “General Tools for iP1000″,
download di http://www.printersiam.com/data/download/iP1000%20Service%20Tool.zip
3. Pilih USB PORT Anda
4. Pilih SET DESTINATION – 1
Seharusnya cara itu sudah mereset si printer, tapi entah kenapa si printer balik lagi blinking kalo kabel powernya pernah dicopot. Jadi coba cara ke-2 yaitu pake ServiceTool-nya IP1500

Langkah 2 : Perangkat Lunak Permanen (cara 2)
1. Hubungkan kabel USB & nyalakan Printer
2. Buka “General Tools for iP1500″,
download di http://www.printersiam.com/data/download/iP1500%20Service%20Tool.zip
3. Pilih USB PORT Anda
4. Klik CLEAR WASTE INK COUNTER – MAIN
5. Klik CLEAR WASTE INK COUNTER – PLATEN
Seharusnya cara ini sudah bisa mereset printer & waste ink counter-nya.

Perlu diketahui. Sebelum melakukan reset thd waste ink counter, sebaiknya Anda bener2 membersihkan si busa penyerap tinta buangan itu (diperas, dicuci, atau dibuat saluran pembuangan external), kalo tidak nanti tinta pembuangannya akan membludak.

Untuk membuat sistem pembuangan tinta eksternal ini bisa dilakukan di Mangga Dua (untuk Jakarta) dengan biaya sekitar 50~70 ribu rupiah

Setelah itu tidak akan ada masalah waste ink full lagi. kalaupun ada blinking itu hanya sistem counternya yang full. Lakukan saja reset kembali dengan Langkah 1: Servis cara Manual (cara 2) –> Lihat kembali petunjuk diatas.

Kalo mau repot , gunakan solder untuk melubangi bagian kiri belakang (dibawah colokan USB) ,anda akan menemukan 2 selang berwarna putih kehitaman kena tinta , nah kalau sudah ketemu, anda tinggal pergi ke tempat penjualan ikan, bilang “beli selang gelembung 1 meter dan sambungan cabang tiga”. Sambungkan cabang tiga yang berbentuk T itu pada kedua saluran pembuangan, kalau susah tariklah sedikit, jangan terlalu keras

Be Sociable, Share!

3 Replies to “Waste Ink Full Canon IP1000”

  1. mau tanya dong min. saya kan punya masalah kaya gini juga. udah coba langkah 1 servis cara manual. lampunya udah ga blinking lagi. nah tapi cara ngelepas busanya dari dalem printernya gmana ya?
    mohon bgt jawaban dari admin secepatnya, soalnya mau buat ngeprin skripsi saya 🙁
    makasih ya min..

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *