Test Potensi Akademik

[lang_id]Banyak perusahaan dalam merekrut karyawannya melalui proses test potensi akademik (TPA) dengan maksud memfilter calon kandidat sesuai dengan kriteria yang dibutuhkan.

Tidak hanya proses rekrutasi karyawan, saat ini untuk mengikuti program pasca sarjana banyak universitas yang menggunakan test potensi akademik untuk menyaring pesertanya. Termasuk program pasca sarjana UI. Beberapa kali gw mengikuti tpa soalnya bertipe sama, ada yang analogi kata, lawan kata, penalaran logis, menggambar pa tani atau pohon, matematika dan lain sebagainya.

Sebelum mengikuti tpa, gw biasanya baca2 bukunya dulu. Tapi kayaknya apa yang gw baca walaupun tipe soal sama, tetap aja kok kayaknya susah tuh ngerjain tpa. Yang paling susah kayaknya waktu nya. Selalu setelah selesai, gw berpikir kalau waktunya panjang pasti gw bisa ngerjainnya.


Terus gw pikir, gimana kalau gw bikin aplikasi test potensi akademis beserta jawabannya. Mulai deh gw bikin aplikasinya. Nah, kalau tertarik download bisa di sini. Pertanyaan2nya akan selalu gw usahakan untuk ditambah. Memang yang sulit adalah menambah pertanyaannya, soalnya perlu diketik ulang tuh… cape deh…

Aplikasinya gw bikin pake visual basic 2005. Data pertanyaan disimpen di file encrypteddata.xml. Ya bener, isi file tersebut adalah file XML yang sudah dienkripsi menggunakan Triple DES. Selain itu aplikasinya mengecek cpuid dan serial number. Untuk bisa menjalan aplikasi ini, di PC lo mesti terinstal .Net Framework 2, bisa download gratis di situsnya microsoft. Ukuran file installer .Net Framework 2 itu gede banget sekitar 20 MB. Kalo elo pengen install .Net Framework 2 tapi gak kuat downloadnya, bisa kirim email ke gw gantengmaut@gmail.com, ntar gw kirimin installernya via CD.

Kalau ada yang mau update pertanyaan bisa download di sini. Harapannya sih file tersebut bakalan gw update tiap minggu supaya daftar pertanyaan dan jawabannya bisa tambah banyak. File encrypteddata.xml nya diganti dengan file yang baru. Soal tpa nya gw ambil dari soal test potensi akademik ujian masuk pasca sarjana ui, pengennya sih dari buku2 lain juga gw bikin aplikasinya, biar enak tuh latihan. Tapi, waktu nya euy tak ada.

Kenapa ya selalu waktu yang dijadikan alasan… hehehe

Download GRATIS aplikasi translator (kamus) inggris-indonesia dan indonesia – inggris di hand phone. Browse dari hand phone langsung ke http://wap.kirimpesan.com
[/lang_id]

[lang_en]
Many companies in recruiting employees through the process of academic potential test (TPA) with the intention of filtering out candidates in accordance with the criteria required. Not only employees rekrutasi process, now, to follow post-graduate programs that many universities use academic potential test for screening participants. Including UI graduate programs. Several times I have followed tpa, tpa question I have found that the same type, there are analogies words, opposite words, logical reasoning, draw or tree farm pa, mathematics and so forth

Before follow tpa, I usually read the book first. But I think what I read though about the same type, it still seems hard to do tpa. I think the most difficult time to do too little. Always when you’re done, I think if I was given a certain length of time that I could do it.

Then I thought what if I make a test application of academic potential and answers. I started making the application. Well, if you’re interested you can download the application at here . I always will try to add a list of questions and answers. The problem is in adding the question, because it needs to re-type.


I make an application “test of academic potential” by using visual basic 2005. Data stored in a file questions encrypteddata.xml. Yeah right, the contents of that file is an XML file that is encrypted using Triple DES. Besides the application to check cpuid and serial number. To be able to run this application, the PC must be installed. Net Framework 2, can be downloaded for free on the site microsoft . The size of the installer file. Net Framework 2 is very big about 20 MB. If you want to install. Net Framework 2 but not strong download, can send an email to me gantengmaut@gmail.com, then I will tell the installer via the CD.

If anyone wants to update the questions can be downloaded at here . My hope is that I can update every week so that the list of questions and answers can be added a lot. His file is replaced with encrypteddata.xml new file. My take questions from the test of academic potential for post-graduate entrance exams ui, I hope to add questions from other books, too, let me good training. But, I do not have time to do it.

Why is it always the excuse of time … hehehe

Download FREE application translator (dictionary) UK-Indonesia and Indonesia – English on the mobile phone. Browse from mobile phone directly to http://wap.kirimpesan.com
[/lang_en]

Be Sociable, Share!

84 Replies to “Test Potensi Akademik”

  1. Pak Admin,
    Ada soal test2 UAN atau latihan SMA gak?
    kalau bisa soal test masuk stt telkom juga.

    Saya sudah coba aplikasinya. bagus banget buat latihan. cuma kenapa sih mesti download .Net framework dulu? 20 mb πŸ™

  2. terima kasih banyak pak ganteng maut…ok banget aplikasi TPA buatannya…sukses selalu yah…dan menjadi orang yang bermanfaat bagi orang lain..aminnn…

    Regards

    Indra

  3. Selamat siang Mas,

    Mas, saya sudah download aplikasi TPA-nya. Dan mohon untuk dikirimin serial numbernya.

    Bagus Mas aplikasi ini memudahkan kita belajar..

    sekali lagi Makasih Mas

  4. Gimana sih rumus untuk menghitung nilai iq? Dari semua score sub item(sudut pandang ruang, kemampuan verbal dll) dirata-rata dibagi jumlah item atau bagaimana? Terima kasih…

  5. wah… untuk menghitung nilai IQ mesti tanya sama orang2 psikolog tuh..
    Atau kalau ada yang tau boleh deh di sharing biar bisa saya bikin aplikasi untuk hitung IQ… gratis tentunya.. πŸ˜€

  6. hmmm… sowwy, kok gak bisa dibuka file-nya… corrupt nih

    admin: dicoba download lagi, kali aja pas download koneksi nya putus

  7. ada soal untuk tes ujian PLN untuk yg D1 maupun D3 kgk MAu donk Kalau ada kasih donk website yg bisa kita buka

  8. Hai maya, belum ada info test ujian PLN nya… btw saya mau mengembangkan aplikasi test TPA yang bisa dijalankan di HP. Kira – kira kalau berbayar ada yang mau gak ya? atau lebih baik gratisan aja terus ?

  9. Berikut adalah daftar pengguna aplikasi TPA (dan masih banyak lagi).
    Siapa lagi tertarik untuk mencobanya secara gratis dipersilahkan. Atau yang keberatan namanya ditampilkan silahkan hubungi saya

    Zuli, Zank, Hary, Larap, DIDI KARDIMAN, GantengPoll, Nikolas, ROHMAN AGUS PUJIANTO, RenP, IWAN, D. M. Munawar, morisa, Ernie, iluk, asep gunawan, Andhika, SAIFUL, Anang, Koi, SHINTA, inoex, SETA AMIRUDIN, Rinaldi, Mirza, Manda Rohandi, Devi, muslimin, Jaka Prajakarya, PRAMBUDI, Syaiful, Ayatullah Asfaroni, Alex, Perry, Vidya, Frans Natalius, Ida Bagus Leo Mahadya Suta, Ahmad Hadi Putra Nst, dessy, Asyhar, peri cantik, Taqwa, rani, santo, Nurman, achox,ANDY,Rahmat, Eyla, Agus, Aday, Ontong, Supriadi, WIjaya, Riko, Thomas, Gigih, Dede, TATI, Nanang Rarung, eko sulistiono, Yulizar, Arief Wibowo, Septian Geges, Herika, dani, ACHMAD, Naresh, NARESH, Sahala Wijaya, BAMBANG TRI, lutfi, Arina Hr, AHMAD IMAM BAILI, dewi, ITCHA, Malik, REZA, KRISTIANI, Faisal, Insan, Nurul, Icha, ARI, Ardi, Sayuti, Tari, BAMBANG WIDYATMOKO,
    ANDI ISWOYO, zulfikar, Sanuri, Anda, Yoseph, Agung, Widi, HERRU, damar, DIMAZ NUGROHO, RIJAL, WONG JAVA, Muh Syarifuddin, Akhirul, Kiki Amaruly, poer, Sanbudinatha, Lia, dewi, Riswanto, Dwiyana, Dewi, aziz, Jag, Dewi, Dami, Jamaluddin, fardian, dewi, NOVIC, newbie, Ali Imron, BARHEIN, IMAN JUMARSANA, Herman, cahyo, Ridwan, sakura, Adib, Indra, Oya, ARIEF S. SAMAD, Andri, Herliady, Bambang, PRASETYA, Jumran, ivan, Agus, Marlina, AFNI, aris3t, Marlina, Ganteng, lily, IMAS, ADI, Sopiyan, Sefa, Fanny, Feriadi, Millah, Endin Surya Solehudin, Dafie Buthlan, temmy, Anjas, rheza, John, George, Reymond Sijabat, Hendri, Uni, Tina, Yulia, AHMAD MAULANA, Very, yana, Budi, MIDI , ARIF, Ayu Anggriani, Adi Setio Nugroho, PANJI, tyo, Ambar, ISKANDAR, ANDRY ASMARA, Ucik, Diana , HANDSOME, Abusyifa, Endah, Wondi, dade , vivi, WINA, KRISTANTO, ,RIANA ,Putri, Yogi , oki rohadi, ricka, DEVIN, amalia, Yudhi, Dadan, Daniel, afandi, DIESKA, HERRY WANDA, adit, Fajar Siddiq, OBBIE, ULIK, AFRIZA, arie, mBLANKon, Andita, TEGUH, arie, WELLY NUGRAHA, IWAN, maryono, krisna, Nurman Suharno A, Farman, Vega, Shehun, Prio, OCE, heri, Bunga, Bayu, Larasati, wahyudi, Guruh, EKA, EKA, FUAD, hadeeputra, Rafi, MILA, evi, uci
    FAUZAN, ihrar, xtin, PAREL, Dadang, yayan, Asep Wibowo, dian, TONI, IJAH, ADHI, Robinson, azzam
    Ardhitya, Adriansyah, Julianto, arya, Heru, Fina, erwin, Goesey, Audy, Agung, Rosalina, Febi, leo , adi, Hernandy, Wilson, MUSLIM, IWAN, Ryan Kharisma Rakhmat, Tepeh, Fery, VINO, Harry, Payjo, Fachry,,INDRA, ferdi, Rika, danil, Takim, Irfan, Vira ,Pradhan ,mahendra ,wayan ,Ryan Kharisma, MANGAPUL, ujang, manar, jamal, sarpudin, Aminudin, AANG, Bima, kucluk ,heri ,Endi ,christianto ,Iin
    Shiddiq, ROVENS, CECEP, hanhan, PUTU, Ahmad Yani, Zulfan, santoso, KURNIAWAN, dado, RIFKI, Tri, Sanusi, muhammad adrian, Jono2, Jono, CECEP, Dian ,Ade, tania, alie moejo, Maynaradi, Ali, shaddik, Syahid, Destya, poetri, Ganjar, Tami adiningtyas, Dony Fikri Akbar, Monika Diana V, ERAWAN, RINI, Raja, viory, KERT, YUKI, Ryan, Bujang, WINA, Riska, YUDHI, Dony, yayat hendrayana, Mizwar, AULIA, keisya, Addrib, verdi, Renny, BAYU, Asep, bennynylson, WAWAN, Tri, KIFLI, Robi, awan, Ihsan, Farah, mirna, Rogito, khairi,
    agung, Dien, Ana, Pian, Ginanjar, OKY SUBRATA, acep, ariyo, wirawan, Maikal, ray, Mohamad, amo, wahyu, Hari, Himawan, Spidey, VIVIN, Yansu, ROZI, Melasari, Indra, firman, mukhlas, Pratomo, Ali, Boedyo, eka

  10. ada soal tes akademis pln ndak???????????btw soal na susah ndak/????????????

    admin: mohon maaf, belum ada. Jika ada yang punya silahkan kirimkan ke saya agar bisa dimasukkan ke aplikasi TPA

  11. Wah makasih banyak pak Admin. saya jadi pengguna neh. soalnya ada yang lain ga ? saya cari test ini utk cari info aja apa sih yg ditestkan di TPA. semakin banyak soal smakin tau apa yg ditestkan. dan yg ditestkan emang logika dasar ya.

    Tx ya pak admin. ditunggu soal2 lainnya.

  12. utk yang dihape atau dimanapun, GRATISAN aja pak Admin … wuakakak.
    daasar org Indo, blm sadar hak cipta org (maksudnya saya pak admin). tapi saya menghargai abis aplikasi ini. smg saya bisa bantu jg bikin2 πŸ™‚

  13. @windos:

    Memang seandainya saja ada penulis buku TPA yang bersedia untuk memberikan hak cipta nya agar soal-soal TPA yang ada di buku tersebut dapat dijadikan aplikasi, akan sangat membantu untuk berlatih.

    Daripada membaca buku TPA lebih baik berlatih langsung menggunakan aplikasi TPA.

  14. oioi gantengmaut. mail was sent. but till now lom ada balesan utk serial number TPA.

    thx a lot yah dah share aplikasinya πŸ˜‰

    admin: serial number sudah dikirimkan ya

  15. @yuan
    serial number digenerate berdasarkan CPU ID PC Anda silahkan kirimkan kode yang muncul di aplikasi email ke saya

  16. Pak admin mohon dikirimkan TPA untuk persiapan test masuk kesempatan kerja.
    tks

    @dwiyan:
    Saya pikir TPA yang saya buat bisa juga dibuat latihan untuk test masuk kesempatan kerja.
    Sayang sekali, saya belum memiliki soal-soal test masuk kesempatan kerja. Barangkali ada yang memiliki bisa di share agar dapat dibuatkan aplikasi TPA untuk test masuk kesempatan kerja

  17. mas kok gak bisa to?????? mau tnya TPA bwt sekolah kesehatan ada g????

    @geka Coba anda pastikan apakah komputer Anda sudah terinstall .Net Framework 2. TPA buat sekolah kesehatan belum ada. Saya tunggu yang memiliki soal-soal TPA untuk mengirimkan ke saya agar bisa dimasukkan ke aplikasinya

  18. mau dong pak, serial numbernya….

    @verit: Silahkan ikuti petunjuk yang ada di aplikasi TPA gratis

  19. om ganteng.. mau dunks S/N nya.
    mail dah terkirim.
    pls reply yak.
    btw updatenya per kpn yah soal ini?
    trus klo mau update soal2 ini gmn caranya om?
    editing via xml kah?

    salam
    -tepeh-

  20. hai om. mail prmintaan S/N sudah dikirim.
    pls share yah.
    oia soal2 di atas update per kapan om?
    klo mau update sendiri msti modify .xml kah?
    berniat bikin versi .vce gak om?

    thx

    admin: Untuk mendapatkan S/N aplikasi TPA silahkan ikuti petunjuk yang muncul di aplikasi. GRATIS kok. Soal diupdate sudah lama saya lupa karena belum ada waktu lagi untuk update πŸ˜€ bagi yang berminat membantu update pertanyaan bisa hubungi saya.
    Update XML gak bisa sendiri karena ada prosedur encripsi yang harus diikuti.
    versi VCE maksudnya versi apa ya?

  21. kok aku ngga bisa buka tpa.zip nya ya? padahal dah donlod framework 2nya πŸ™

    admin: Untuk membuka aplikasi TPA yang ada di dalam tpa.zip Anda harus memiliki aplikasi pembuka ZIP misalnya winzip atau winrar.

  22. Maaf mas/pak ..

    .Saya sangat senang atas informasi yang mas/Pak berikan. karena dapat membantu saya dalam mengikuti test psikotes lamaran pekerjaan. Saya sangat senang kiranya mas/pak dapat memberikan – mengirimkan filenya test TPA tersebut.
    Kiranya mas mngerti atas permohonan saya. Dan sebelumnya saya mengucapkan thanks banget terimakasih atas pengertiannya dan kiranya mas mengirimkan nya

    mas sekalian serial numbernya..

    @admin: Silahkan anda ikuti petunjuk yang muncul di aplikasi TPA untuk mendapatkan serial number nya.

  23. pa guanteng, arum kok nggak bisa instal tpa nya ya???
    saya udah download netframe worknya, sudah di instal. tapi pas mo instal tpa nya kok nggak bisa ya??? ada kesalahan dimana ya pa Guanteng, minta infonya ya…???
    thanks before…

    admin: gak bisa nya karena apa? biasanya ada error message yang menjelaskan kenapa aplikasi tidak bisa dijalankan

  24. Pa guanteng, arum dah kirim email ke bapa, caranya instalnya gimana ya pa??? arum gaptek banget neh, kalau bisa sedetail mungkin ya pa…

    trima kasih banyak atas bantuannya ya pa…

    admin: coba install .net framework 2 sebelum menjalankan aplikasi TPA

  25. Maaf mas / pak

    Kok aplikasinya ga bisa dijalanin yah ????

    Apakah membutuhkan suatu software pendukung tertentu ???

    Please give me some advice…

    Thanx 4 all πŸ™‚

    admin: anda harus menginstall .Net framework 2 di komputer Anda untuk menjalankan aplikasi TPA nya

  26. Salam.
    Saya mohon dikirmkan contoh soal Tes Potensi Akdemik beserta pembahasannya.
    Atas bantuannya,saya sampaikan terima kasih.

    admin: soal test potensi akademik dan jawabannya dapat Anda download secara GRATIS. Silahkan Anda ikuti petunjuk di tulisan saya di atas

  27. Wuihh,, Thx berat nih.. atas programna ,, Tapi baru menginjak Soal No 8 ehh,, kok g mau lanjut,,, katany harus masukin SN, Tapi pak Admin,,, aku dah email ke emailna situ yang d Gmail lho… tak tunggu y SN nya

  28. mas, minta serial number tes TPA dong, aku mau blajar, tolong ya mas,,
    mas baik deh,,

    @admin: Silahkan anda ikuti petunjuk yang muncul di aplikasi TPA untuk mendapatkan serial number nya.

  29. halu…pak bisa minta tolong contoh tes TPA ITB ga buat S2nya,klo bisa skalian tips n trik nya…thanks b4

    admin: Silahkan Anda kirimkan ke saya buku contoh test TPA ITB atau lebih baik soft copy biar soal2nya bisa saya masukkan ke aplikasi TPA itu.

  30. mas admin makasi banyak neh hebat euy situ….salute to you di tunggu aplikasi2 yg lainnya ya…

  31. mas ganteng maut,

    aplikasinya dimodif donk, jadi tidak perlu CPU ID.

    admin: mohon maaf permintaan Anda tidak bisa saya kabulkan :P.

  32. Thanks, handsome bro!

    Andai…
    Indonesia-ku memiliki banyak orang sepertimu, bro…
    Cita-cita bangsa terwujud nyata, yakni ikut mencerdaskan bangsa!
    Terutama dengan yang gratis-gratis ntu kan? πŸ˜‰
    Anyway.. Busway.. SAAAALOOOEEETTT!!! Buat dirimu, bro.

    Buat nyang susah-2 ngjalanin ne aplikasi, mohon baca tulisan bro yang guanteng ne before dah.. And juga baca ne forum dulu gih…
    So… kamu-kamu dapet pencerahan and bro yang guanteng kaga kudu ngbales p’tanyaan yang sama. Okay… Peace n Love!

    Weitz.. lupe.. Aq kirim email berisi CPU-ID number loh bro..
    so.. SN-na dunx πŸ˜‰
    Thanks!

    admin: Serial number sudah dikirim. Aku jadi terharu membaca komen mu .. hik.. hik.. hik.. guabrakkkk

  33. Ganteng maut…
    makasih ya..
    service cukup memuaskan..semoga bermanfaat…’n lebih up to date…!

  34. Pagi OM….!

    Om minta No SN-nya !

    Kemarin dah dikirim emailnya ke @gmail

    Hatur Nuhun OM

    admin: Sudah saya kirimkan serial number aplikasi TPA nya. GRATIS

  35. pAGI om…?

    Om Minta NO SN nya !
    Serial nomornya dah dikirim ke email OM yang @gmail

    Hatur Nuhun

    admin: Sudah saya kirimkan SN nya

  36. Pak Admin Boleh Meminta serial Number nya

    terima kasih banyak sebelum nya pak admin

    admin: Silahkan Anda jalankan aplikasi TPA, kemudian klik menu->license, ikuti petunjuk yang ada di situ untuk mendapatkan serial numbernya. GRATIS !!!

  37. tks bgt atas Serial numbernya…………
    sangat berguna sekali bagi nusa dan bangsa…….
    salut atas respon mr Admin yg sangat cepat…….
    kebetulan dah punya .net Framework yg 3,5 jadi bisa langsung jalan softwarenya,,,,,
    tks again……….

  38. alhamdulillah akhirnya selesai juga download .Net Framework 2 nya….
    tapi tinggal SN nya ni kang admin, tolong kirim secepatnya atuh,dah pengen mule latihan nih….
    sangat bermanfaat….

    admin: serial number TPA sudah dikirim ya

  39. thx banget kk cakep buat program nya..^_^
    cz mica udah gogling2 ga karuan,, =,=”
    cari download soal2 contoh untuk TPA,
    (mica mau ikit tes SNMPTN yg taun ini pake TPA..)
    tp stelah dpt inpo dwnld dsini lgsng mica coba n bisa bantu bgt,,,^^

    o ya, mica udah kirim ke email kk untuk SN nya,,
    dtunggu blsannya ya kk..

    uhm,, ad lg,,untuk update soal ntu caranya gmana ya..stelah dwnld trs gmana?

    ^_^ arigatou ne..

  40. Makasih mas, terusin mas bagi2 kebaikan untuk teman2 ya, jangan selau uang ….uang dan uanag tyerus ya mas, kayak yang laen2……
    se x lagi terim

  41. Muantap tenan Programnya kang Admin…

    Btw, lanjutannya gimana Kang?? Aku dah kirim ke emailnya Kang ADmin, mohon Feedback Sn nya. Salut sama usaha kang Admin yg mau bantuin kita2 yang ngga “ngeh” ini

  42. halo pak, terima kasih atas aplikasinya, bagus sekali..

    saya sudah donlod dan sudah kirim email, mohon balasannya πŸ™‚

    sekali lagi terima kasih πŸ™‚

  43. wah emailku blm di bales nih

    keren bgt om, bisa buat bantu ngitung waktu juga pulak
    di tunggu balasannya, biar bs coba yang full versionnya

  44. saaaaaaaaaalllluttttt itu kata yangg paling paas buat mas guaanteng

    UDAH mbuat aplikasi pusing pusing dishare free,,orang sperti ini yang dibutuhkan bangsa indonesia

    ak cuma bisa mendoakan semoga mas ganteng selalu dilancarkanurusanya dan dimudahkan rijekinya dan juga dipertemukan jodohnya tentunya..hehehe

    terimakasih berat aplikasinya masssguanteng

    btw,serialnya kirim ke emali gw yaaa
    +

  45. [lang_id]dear bapak yang baik hati .
    mudahan mudahan software bapak bisa membantu saya buat dapatkan beasiswa dari sampoerna .
    aaamiiin .
    thanks bgd yaa bapak =)) .[/lang_id]
    [lang_en]dear sir. I hope your software can help me for getting a scholarship from sampoerna. aaamiiin. thank you sir =))[/lang_en]

  46. [lang_id]mas cara ngeliat PROCESSOR SERIAL NUMBER itu bgimnana ya?[/lang_id]
    [lang_en]how to find processor serial number?[/lang_en]

  47. Subhanallah, keren bgt Gan. hebat-hebat. ngebantu banget. mudah2an proses blajar dari tes TPA ini, gw bs lulus tes beasiwa nya. Thanks ya Gan. Gw tunggu SN nya. Skali lg thaks banget Gan

  48. Wah…. mantap bngt Mas, semoga di balas dengan kebaikan dan pahala yang berlipat. BTW, saya dah kirim email untuk request SN, kira2 balasannya berapa lama ya???

  49. pak bantuin saya dong.. kirimin soal-soal TPA ,tips & triknya politeknik dong! tahun ini mau ikut ujian thanks ya pak atas bantuannya

  50. MasGanteng…sya dah ngirimkan email utk mmnta SN apps TPA and SN Translator,
    tlg d kirimkan scepatnya ya…
    Sya keburu ga sabar…
    Tremakasih bnyak mas Ganteng…

  51. boss..ditunggu banget ya Serial Number nya πŸ™‚ saya sudah kirim e-mail berdasarkan format, udah ga sabar pengen latian hehe..soalnya mau ikut TPA untuk ujian masuk MM di Prasetiya Mulya dan UI nih minggu depan πŸ˜€

    makasi banget ya ud mau bagi-bagi softwarenya πŸ˜‰
    cheers!

  52. ada soal test potensi materi uk test caba KOWAD ngagk???????????//
    lw ada ksh tw aq donx admin lg pntg uk blajar,,,,,,,,,,,,

  53. Mas, Minta SN nya ya….Ditunggu.
    atas semua bantuannya, saya ucapkan trimakasih, smoga Allah membalas kebaikan mas..aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *